Search

Bupati Lima Puluh Kota Berikan Penghargaan Kepada Nagari Berprestasi

 

Lima Puluh Kota – Dalam upaya meningkatkan produktivitas dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, serta pelayanan masyarakat di Nagari, Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, memberikan penghargaan kepada sejumlah nagari yang berprestasi.

Penghargaan ini diberikan dalam acara Rapat Koordinasi (Rakor) Wali Nagari dan Bamus se-Lima Puluh Kota yang diselenggarakan di Aula Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat, Selasa (21/05/2024).

Rakor ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari (DPMDN) Endra Amzar, seluruh Camat, Wali Nagari, dan Bamus se-Lima Puluh Kota.

Dalam sambutannya, Bupati Safaruddin mengungkapkan apresiasi dan penghargaan atas prestasi dan kinerja baik pemerintahan nagari di tahun 2024.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pemerintahan nagari se-Kabupaten Lima Puluh Kota atas prestasi dan penilaian kinerja baik di tahun 2024 ini,” ujar Safaruddin.

Ia menegaskan bahwa capaian ini sejalan dengan misi ketiga Pemerintah Daerah dalam menjadikan nagari sebagai poros pembangunan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Penghargaan yang diterima sejumlah nagari antara lain:

  • 26 nagari yang telah merampungkan APB Nagari.
  • 18 Nagari yang mencapai status Nagari Mandiri.
  • Penghargaan laporan kinerja Bamus terbaik untuk Koto Tinggi, Sungai Balantiak, dan Pangkalan.
  • Penghargaan dari Kemendagri untuk penilaian cakupan tertinggi desa/kelurahan swasembada.
  • Penghargaan dari Kemendes PDTT kepada Bumnag Harau Saiyo atas pengelolaan dengan kategori Maju.
  • Penghargaan untuk Bumnag Zigiran Mandiri (Nagari Simpang Sugiran) yang meraih posisi kedua dalam lomba BUMD tingkat Provinsi Sumbar tahun 2023.

Bupati Safaruddin berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi tambahan bagi nagari lainnya untuk terus berprestasi. Ia juga memberikan apresiasi kepada seluruh wali nagari yang telah melakukan penginputan 100% Evaluasi perkembangan desa/kelurahan (Epdeskel).

Wali Nagari Situjuah Banda Dalam, Lakon Siska, menyatakan bahwa apresiasi dari Bupati ini menjadi pelecut semangat bagi para Wali Nagari dalam menjalankan roda pemerintahan dan membantu pemerintah daerah mewujudkan visi misi yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026.

“Ini baru pertama kali dilaksanakan, kami dari Perwanaliko (Persatuan Wali Nagari Lima Puluh Kota) mengucapkan apresiasi kepada Bupati Lima Puluh Kota atas penghargaan dan bantuan keuangan kepada sejumlah Nagari atas prestasi yang telah dicapai oleh sejumlah nagari,” ujar Lakon Siska. (fs)