Search

Bupati Safaruddin Pimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116

 

Lima Puluh Kota – Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 di halaman Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Sarilamak, pada Senin (20/05/2024).

Dalam upacara tersebut, Safaruddin membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, yang menekankan pentingnya peran teknologi dalam kemajuan bangsa. Dengan tema “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”, upacara ini turut dihadiri oleh jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, para Asisten, Kepala Perangkat Daerah, ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota, tokoh masyarakat, dan pelajar.

Bupati Safaruddin menyatakan bahwa Indonesia kini berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat yang dirintis oleh para pendiri bangsa. Ia menyoroti tantangan dan peluang baru yang dihadapi bangsa, terutama dalam hal kemajuan teknologi.

“Banyak kesulitan yang berhasil disolusikan oleh teknologi. Adagium di zaman ini jelas, dia yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban. Di titik ini, gambarannya makin jelas, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong Indonesia Emas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Safaruddin menekankan pentingnya mengelola bonus demografi Indonesia dengan bijak melalui adopsi teknologi digital. Saat ini, penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 79.5% dari total populasi.

“Dalam aspek bisnis, sosial, dan ekonomi, transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis,” tambahnya.

Safaruddin juga mengapresiasi pencanangan percepatan transformasi digital nasional oleh Presiden, yang membuka peluang besar untuk menghadapi berbagai tantangan. Ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menggerakkan roda transformasi digital dari perkotaan hingga pedesaan di seluruh penjuru tanah air.

“Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa,” tegasnya.

Usai upacara, dilakukan penyerahan simbolis total nominal pembayaran klaim seluruh program BPJS Ketenagakerjaan dari Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Lima Puluh Kota, Nicko Alfiansyah, kepada Bupati Safaruddin.

Penyerahan ini mencakup klaim dari periode Januari – Desember 2023 dan Januari – Maret 2024. Acara ini menjadi momentum penting untuk menggugah semangat kebangkitan nasional dalam konteks modern, dengan menempatkan teknologi sebagai pilar utama menuju Indonesia Emas. (fs)