Search

TP PKK Padang Sikabu Kecamatan Latina Disambangi Tim Penilai Provinsi

 


Payakumbuh — Pemantapan kelembagaan, tertib administrasi dan pelaksanaan pencatatan berupa pengumpulan data Dasa Wisma, KK dan detail keluarga pada 47 kelurahan yang ada di Kota Payakumbuh, akhirnya TP PKK Kelurahan Padang Sikabu, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) berhasil menjadi yang terbaik dari seluruh TP PKK Kelurahan dalam lomba yang dihelat Gerakan TP PKK tingkat Kota Payakumbuh dengan peserta yang telah diutus oleh TP PKK Kecamatan pada Oktober 2023 silam.

Menjadi yang terbaik di tingkat Kota Payakumbuh, TP PKK Kelurahan Padang Sikabu pun berhak mewakili Kota Payakumbuh dalam lomba Gerakan TP PKK Tingkat Provinsi Sumbar pada Kamis (2/05/2024).

Agenda Penilaian Lomba Gerakan PKK ini berlangsung dengan berlandaskan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

Penjabat Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Sekretaris Daerah Rida Ananda dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada tim penilai dari Provinsi serta seluruh komponen yang terlibat untuk kesiapan kegiatan ini.

Dikatakan Rida, selaku mitra kerja pemerintah TP PKK Kota Payakumbuh terus berkoordinasi dengan seluruh OPD, Camat dan Lurah selaku pembina dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK dan program prioritas PKK.

“Kita berharap kedepannya bukan hanya sibuk menyiapkan saat akan ada penilaian–penilaian tapi sebagai landasan dasar kita untuk mengaplikasikan seperti yang ada dalam mars PKK tersebut. Sehingga Negeri kita bisa maju berlandaskan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah,” ujar Rida.

Pencanangan Bulan Bakti Dasa Wisma ke-11 TP PKK Kota Payakumbuh bersama PPD terkait telah melaksanakan beberapa kegiatan, yang diantaranya ;
1. Bazar tanaman pekarangan yang diikuti oleh TP PKK Kecamatan se-Kota Payakumbuh,
2. Bazar produk UP2K yang diikuti oleh PKK Kelurahan dan kelompok Dasa Wisma,
3. Penyerahan bantuan Budikdambur dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Payakumbuh,
4. Penyerahan bibit cabe ke kelurahan dengan sasaran penurunan Stunting, dan
5. Penyerahan sembako untuk keluarga Stunting.

Dalam mendukung program yang telah dilaksanakan diatas, Pemko Payakumbuh bersama TP PKK bersinergi dalam menyukseskannya,

“Alhamdulilah, di kelurahan Padang Sikabu khususnya dan kecamatan Latina dapat terlaksana dengan baik, sehingga kelurahan Padang Sikabu menjadi yang terbaik mewakili Kota Payakumbuh dalam lomba gerakan PKK Kota Payakumbuh tahun 2024,” ungkap Rida.

Output dari pelasanaan kegiatan tersebut, Rida mengatakan telah memberikan dampak yang sangat baik terhadap masyarakat Kota Payakumbuh sehingga dapat mencegah Stunting, inflasi dan kemiskinan ekstrim.

“Dengan adanya program hatinya PKK juga telah dapat meningkatkan perekonomian keluarga, dari hasil tanama di pekarangan kebutuhan dapur dapat terpenuhi sehingga dapat menghemat pengeluaran,” lanjutnya.

Diakhir sambutannya, Rida kembali menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh OPD selaku pembina harian PKK, ketua TP PKK beserta jajaran, kelompok Dasa Wisma yang telah bekerja keras dana bekerja tuntas sehingga terlaksana kegiatan PKK dan terwujudnya kesejahteraan keluarga,” ulasnya.

Tim penilai dari TP PKK Provinsi Sumbar yang dipimpin langsung ibu Harneli Mahyeldi dalam kesempatan tersebut menjelaskan berdasarkan SK Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumbar tentang Penetapan Juara Lomba Tim Penggerak Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumbar sesuai dengan 5 (lima) Jenis Lomba yang ditetapkan, yakni ;
1. Lomba kelembagaan dan Tertib Administrasi PKK dari (Pj Sekretaris),
2. Lomba pola asuh anak dan remaja di era digital (PAAREDI) dari (Pj Pokja I),
3. Lomba kampung mandiri dari (Pj Pokja II),
4. Lomba Kawasan Aku Hatinya PKK dari (Pj Pokja III).
5. Lomba PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) plus dari (Pokja IV).

“Kami berharap agar Tim Penilai, disamping melakukan penilaian juga dapat memberikan petunjuk dan bimbingan teknis agar kedepannya dapat kami benahi dan lebih baik,” katanya.

Selanjutnya, Harneli Mahyeldi juga mengapresiasi semangat dan kerja Tim Penggerak PKK Kelurahan Padang Sikabu, Kota Payakumbuh yang telah berjuang bersama untuk mempersiapkan kegiatan penilaian dengan sebaiknya.

Sementara itu, ketua TP PKK Kota Payakumbuh, Lasta Jasman dalam kesempatan tersebut menyampaikan program dan kegiatan yang telah dilakukan oleh TP PKK di kecamatan hingga kelurahan serta kelompok dasa wismanya.

Lebih lanjut, kata Lasta Jasman salah satu program yang sangat menarik untuk dituntaskan yakni terkait dengan sampah, terutama sampah rumah tangga. Karna setelah kejadian bencana longsor di TPA tahun lalu telah membuat warga Kota Payakumbuh kehilangan aras dalam pembuangan akhir sampahnya.

Pada pencanangan bulan Bakti Dasa Wisma Tahun 2024, TP PKK Kota Payakumbuh mengambil tema terkait Pembentukan Bank sampah di kelurahan. Menurut Lasta, sampah bila di olah dengan baik akan berpotensi menjadi barang yang bermanfaat bahkan bernilai ekonomi yang dapat menghasilkan uang.

“Bahkan sampah bisa diolah menjadi pupuk kompos, echo enzim, barang pajangan. Banyak cara pengelolaan sampah dapat dilakukan seperti pengolahan sampah organik yang diproses melalui komposter maupun Bio Pori yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil dan kesuburan tanaman,” tukas Lasta. (Rel/FS)