Search

Luar Biasa! Siswi SMPN 1 Kota Payakumbuh Juara 2 Kompetisi Sains Nasional

Payakumbuh — Prestasi yang ditorehkan dari kota yang berjuluk “City of Randang” tidak pernah berhentinya. Mulai dari prestasi di tingkat pemerintahan hingga sampai ke tingkat pendidikan secara nasional hampir selalu disabet dari setiap perlombaan yang diikuti. 

Mengawali semester kedua tahun 2024, dunia pendidikan kota Payakumbuh patut berbangga hati atas capaian yang telah diraih oleh Almira Kayla Wiloverd di tingkat nasional. Prestasi yang ditorehkan oleh siswi dari SMPN 1 Kota Payakumbuh tersebut berasal dari mengikuti Kompetisi Sains Tingkat Nasional (KSTN) yang digelar oleh Saintech.id.

Olimpiade KTSN 2024 diikuti oleh ratusan ribu siswa/siswi se-Indonesia dalam semua bidang pelajaran yang ada mulai dari tingkat SD sampai SMA/sederajat. Dan menjadi satu-satunya siswi yang mewakili kota Payakumbuh pada KTSN 2024 ini, Almira langsung menyabet posisi kedua tingkat nasional pada bidang studi IPA dengan bersaing bersama 92 siswa/siswi se-Indonesia.

Kabar keberhasilan Almira dalam meraih peringkat dua nasional di KTSN 2024 tersebut diterima media dari kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Dr. Dasril via WhatsApp Group Humas Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Kamis (4/7/2024) pagi.

Dalam pesan yang disampaikan, Dasril ungkapkan jika pelaksanaan KTSN 2024 berlangsung dalam dua tahapan penyeleksian, yakni tingkat Provinsi dan Nasional. Dimana pada tingkat provinsi berlangsung tanggal 30 Juni 2024 dan di tingkat nasional berlangsung tanggal 2 Juli 2024 kemaren,” sampainya.

Untuk tingkat provinsi Sumatra Barat, terdapat sebanyak 300 siswa/siswi yang lolos seleksi, dan hingga ke tingkat nasional sebanyak 92 orang yang lolos untuk beradu kemampuan bersama siswa/siswi di seluruh Indonesia,” lanjut Dasril.

Diketahui, Olimpiade KTSN dilaksanakan secara daring/online dengan memberikan pengalaman berharga bagi seluruh siswa/siswi se-Indonesia dalam berkompetisi sesuai kemampuan pada bidang studi mereka masing-masing.

Lebih lanjut, dalam pesan yang disampaikan kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh itu, pelatih atau pembimbing dari Almira, Ibu Hafiza (guru IPA) menyampaikan jika Almira dalam meraih prestasinya di tingkat naional tersebut hanya belajar secara mandiri dengan sistem digitalisasi, seperti belajar menggunakan smartphone atau laptop.

“Alhamdulilah, meskipun terbilang sangat terbatas dari persiapan yang dilakukan oleh Ananda Almira ini, tetapi dia telah membuktikan jika dirinya mampu menjadi yang terbaik dengan keterbatasan sarana prasarana dalam meraih prestasi yang diraihnya setelah menyisihkan banyak pesaingnya se-Indonesia,” imbuh Dasril kepada media. 

Dihubungi terpisah, Kepala SMPN 1 Payakumbuh Syafrida saat dihubungi media mengatakan sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh siswinya ini, tak mudah tentunya untuk bisa meraih prestasi akademis, apalagi untuk di tingkat nasional.

"Kami sangat bangga dengan Kayla, Alhamdulillah, anak kita sukses mengharumkan nama Kota Payakumbuh di kancah nasional," ujarnya.

Syafrida menerangkan, sebelum melaksanakan proses belajar mengajar, di awal pembelajaran pihaknya menegaskan harus sudah ada program yang jelas dari sekolah, kemudiaan adanya pembagian tugas sesuai dengan porsi masing-guru guru, baik dalam kegiatan kurikuler maupun ekstra kurikuler. Setiap kegiatan diminta program, laporan kegiatan, beserta bukti fisik yang ada, tak kalah pentingnya motivasi dan dorongan dari kepala sekolah untuk setiap kegiatan.

"Setiap apa yang diprogramkan, kepala sekolah selalu memantau dan mengintrolnya, jika ada yang tidak melasanakan kegiatan sesuai dengan kesepakatan, maka perlunya pembinaan terhadap guru," ujarnya.

Lebih jauh Syafrida juga menambahkan pihaknya siap untuk memfasilitasi setiap kegiatan pembelajaran di sekolah untuk siswa dan gurunya, bahkan jika ada program yang membutuhkan narasumber dari luar, maka pihak sekolah mendatangkan pelatihnya, dan sarana prasarana yang dibutuh juga disediakan.

"Selain meraih prestasi, kita di SMPN 1 Payakumbuh juga mengemban tugas untuk mencetak generasi unggul dan sumber daya manusia yang mampu bersaing di berbagai bidang," terangnya.

Terakhir, Syafrida menyampaikan apresiasi atas support Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, pengawas satuan pendidikan, wali murid, komite, almni, guru pendamping, dan seluruh pihak yang ikut berkontribusi atas prestasi yang diraih oleh siswa/siswinya di SMPN 1 Payakumbuh. (FS)