Search

Menawannya Setangkai Bunga Anggrek



Penulis: Obel, S.P., M.P
( Dosen Agroteknologi Fakultas Pertanian Unand)

Taukah anda bahwa ada benalu yang memiliki bunga yang indah dan nilai jual yang begitu mahal? Mungkin terdengar asing yah. Yups.. benalu yang dimaksud adalah tanaman anggrek yang sejatinya memang benalu yang memiliki bunga yang indah dengan corak yang beragam. Tanaman Anggrek sudah mulai dikenal sejak 200 tahun lalu dan sejak 50 tahun terakhir mulai dibudidayakan secara luas di Indonesia. Kepopuleran anggrek sudah mendunia bahkan ada beberapa negara menjadikan anggrek sebagai bunga nasional di negaranya. Bunga anggrek sangat variatif dan sangat memikat untuk dijadikan rangkaian bunga dan dekorasi ruangan pada hari-hari penting, misalnya upacara perkawinan, peresmian kantor, peringatan hari besar negara, dan lain-lain. Sekarang, kebutuhan pasar akan bunga anggrek semakin meningkat dengan maraknya pariwisata di Indonesia, terutama permintaan dari hotel dan perkantoran. Selain dari warnanya, anggrek mempunyai daya tarik yang lain, yaitu baunya yang khas. Berdasarkan baunya ini pula, industri minyak wangi serta industri makanan dan minuman membuat campuran bahan dengan bau-bauan bunga anggrek.

Bunga yang termasuk kedalam famili Orchidaceae (keluarga anggrek) ini diperkirakan di dunia terdapat lebih kurang 25.000 jenis anggrek, dan sekitar 5.000 jenis di antaranya terdapat di Indonesia. Dari 5.000 jenis tersebut, di Pulau Sumatra terdapat 1.118 jenis, Pulau Jawa 731 jenis, Pulau Kalimantan (Borneo) ± 2.500 jenis, Pulau Sulawesi dan Maluku 817 jenis, dan Pulau Papua lebih dari 3.000 jenis. Jenis anggrek yang terdapat di Indonesia termasuk jenis yang indah antara lain: Vanda tricolor terdapat di Jawa Barat dan di Kaliurang, Vanda hookeriana, berwarna ungu berbintik-bintik berasal dari Sumatera, anggrek larat/Dendrobium phalaenopis, anggrek bulan/Phalaenopsis amabilis, anggrek Apple Blossom, anggrek Paphiopedilun praestans yang berasal dari Irian Jaya serta anggrek Paphiopedilun glaucophyllum yang berasal dari Jawa Tengah.

Tanaman anggrek membutuhkan beberapa syarat agar perkembangan dan pertumbuhannya bagus diantaranya yaitu sangat membutuhakan sinar matahari yang penuh tergantung jenis tanamannya, suhu minimum untuk pertumbuhan anggrek adalah 12,7 °C. Tanaman anggrek tidak cocok dalam suasana basah terus menerus, akan tetapi menyukai kelembaban udara di siang hari 65-70 %. Media tanam sesuai dengan habitatmasing-masing tanaman anggrek, biasanya terdiri atas serat pakis, kulit kayu, sabut kelapa, ijuk, potongan pohon enau, arang kayu, pecahan genteng, batu bata. Anggrek cocok pada ketinggian tempat yang berbeda -beda tergantung pada jenisnya seperti anggrek panas (ketinggian 0-650 m dpl) memerlukan suhu udara 26-30 °C pada siang hari, 21 ° C pada malam hari. Contoh Dendrobium phalaenopsis, Onchidium papillo, Phaphilopedillum bellatum. Anggrek sedang (ketinggian 150-1500 m dpl suka pada suhu udara siang hari 21 °C dan 15-21 °C, pada malam hari. Anggrek dingin (lebih dari 1500 m dpl) jarang tumbuh di Indonesia, tumbuh baik pada suhu udara 15-21 ° C di siang hari dan 9-15 ° C pada malam hari seperti anggrek jenis Cymbidium.

Penyebaran anggrek sangat luas, mulai daerah Arktik (kutub utara) sampai di Antartika (kutub selatan). Anggrek tumbuh bagus di hutan-hutan tropis di bawah pohon pohon yang lebat, hidup epifit menempel pada batang dan dahan pohon. Anggrek juga hidup di atas tanah yang kaya akan sampah atau dedaunan yang telah berubah menjadi humus. Anggrek juga ditemui hidup di bebatuan pegunungan, dengan akar menempel pada batu dan rekahannya. Beberapa spesies anggrek tumbuh di padang rumput, daerah rawa, hutan bakau (mangrove), dan bahkan di tepian padang pasir. Kondisi habitat asli anggrek yang berbeda-beda inilah yang akan membuat penampilan anggrek alam sangat bervariasi dalam bentuk, tipe, dan ukuran. Sebagai aset bangsa yang sangat berharga sudah selayaknya anggrek perlu dijaga kelestariaanya terutama untuk tujuan pemuliaan tanaman hias di Indonesia. Anggrek merupakan jenis tumbuhan yang memiliki kaeanekaragaman sangat tinggi. Anggrek yang dipelihara di rumah atau perkantoran sebagai tanaman hias, pengharum, tanaman herbal (negara cina), bahan makanan. Selain keindahan tanaman ini ternyata memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan manusia.