Search

Viral Foto Laki Laki Pakai Suntiang Saat Pawai 17 Agustusan Di Lareh Sago Halaban


Limapuluh Kota,Salingkaluak.com,,- Viral foto seorang laki laki memakai suntiang di media sosial pada Senin 19/8/24. Foto tersebut diambil saat acara pawai alegoris 17 agustusan di kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Limapuluh Kota. 

Tampak pada foto tersebut seorang pria memakai pakaian adat pengantin perempuan lengkap. Otomatis foto tersebut diserbu netijen dengan ragam komentar. Umumnya mereka menyayangkan pemakaian pakaian pengantin perempuan oleh laki laki. Apalagi dipakai didepan umum saat acara peringatan HUT RI ke 79. 

Wahyu Mamora Samry SH Camat lareh Sago halaban sangat menyayangkan kejadian tersebut. Melalui pesan apk Whatsaap Wahyu Mamora menyampaikan responnya atas kejadian tersebut kepada media ini. 

Asalamualaikum wr.wb.

Yth. Niniak Mamak, Alim Ulama Bundo Kanduang, Cadiak Pandai, Parik Paga Nagari dan, Pemuka Masyarakat serta Masyarakat Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Terkait Dengan Postingan di Media Sosial, tentang Masyarakat Peserta Kontingan Pawai Salah Satu Nagari yang memakai Pakaian Adat Anak Daro Dengan Mara Pulai Yang dipakai Oleh Laki-Laki, Dengan ini Atas Nama Camat Lareh Sago Halaban dapat Kami Jelaskan :

1. Panitia PHBN Kecamatan (perwakilan Unsur dan Elemen Yang Ada Di Nagari dsn Kecamatan LSH) Dalam Pawai Alegoris pada tanggal 19 Agustus 2024 dalam Rangka Memperingai HUT RI ke 79 Tahun 2024, tidak tahu sebelumnya kalau Ada Kontingen Peserta Pawai Laki-Laki yang memakai Pakain Adat Perempuan (Suntiang).

2. Camat duduk Berada Di Panggung Utama Bersama beberapa Wali Nagari dan Pemuka Masyarakat dan Dewan Juri Pawai (dari Kesbngpol, Dinas Pendidikan, Unsur TNI/Polri) dan termasuk Ketua Bundo Kanduang Kecamatan, yang Semula Tidak Tau Terhadap Apa Yang Terjadi Terkait Laki-Laki Memakai Pakaian Adat Perempuan dalam Rombongan Salah Satu Nagari Peserta Pawai.

3. Camat dan Yang Duduk Dipanggung Kehormatan Waktu Itu, Baru Tahu Setelah Peserta Pawai Bersangkutan Membuka Suntingnya Setelah melewati Dari Panggung Utama.

4. Kejadian Tersebut Tidak Diduga dan Berada diluar Kendali Camat dan Panitia PHBN Kecamatan Lareh Sago Halaban.

5. Kejadian Tersebut di Sayangkan Oleh Camat dan Panitia PHBN Kecamatan.

6. Selanjutnya kami atas Nama Camat Lareh sago Halaban akan Menyampaikan ke Wali Nagari yang Bersangkutan dan Ketua Bundo Kanduang Kecamatan Untuk Dapat dilakukan Pembinaan kepada Yang bersangkutan

7. Kami atas nama Camat Lareh Sago Halaban, Sangat Menyayangkan dan Sekaligus Minta Maaf Kepada Seluruh Pihak dan Masyarakat LSH Dimana Saja Berada Atas kejadian ini. Dan Menghimbau Kepada Seluruh Masyarakat Untuk Lebih Hati-Hati Dalam Bertindak, Bersikap dan Bereksperesi.


Terima Kasih.