Search

Pemko Payakumbuh Matangkan Persiapan MTQ ke XLI Tingkat Kota

 

Payakumbuh — Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh menggelar rapat persiapan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XLI tingkat Kota Payakumbuh di Aula Randang, lantai 2 Balai Kota Payakumbuh. Rapat tersebut dipimpin oleh Asisten I Dafrul Pasi mewakili Penjabat Wali Kota Payakumbuh, dan dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag H. Joben beserta jajaran, Kabag Kesra Efrizal, para camat se-Payakumbuh, serta Tim LPTQ Kota Payakumbuh Senin, (15/07/2024).

Dalam arahannya, Asisten I menegaskan bahwa tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat kota kali ini adalah Kecamatan Payakumbuh Barat.

“Lomba MTQ merupakan ajang untuk menjaring potensi seni baca dan tulis Al-Qur’an di Payakumbuh melalui berbagai cabang lomba,” ujarnya.

Lebih lanjut, Asisten I menambahkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk memupuk rasa cinta terhadap Al-Qur’an dan ukhuwah islamiyah di kalangan masyarakat.

“Hal ini dilakukan untuk memberi motivasi kepada para peserta dan masyarakat umum agar mencintai, mempelajari, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an,” tuturnya.

Rapat tersebut juga menyepakati jadwal pelaksanaan MTQ ke XLI tingkat Kota Payakumbuh pada tanggal 13 dan 14 September 2024.

Kabag Kesra Efrizal menjelaskan bahwa lomba ini terbuka bagi warga asli Kota Payakumbuh yang memiliki KTP atau KK setempat, serta warga Kota Payakumbuh yang ber-KTP di luar kota namun memiliki KK orang tua yang bersangkutan. Warga Kabupaten Lima Puluh Kota yang memiliki kaitan atau aktivitas di Payakumbuh juga dapat berpartisipasi, dibuktikan dengan SK orang tua yang bekerja di Payakumbuh atau rapor sekolah di Payakumbuh.

Efrizal menegaskan bahwa juara MTQ tingkat Kota Payakumbuh tahun 2024 akan secara otomatis mewakili kota pada MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat di Bukittinggi pada tahun 2025.

“Lomba akan dipusatkan di Masjid Istiqomah, Kelurahan Bulakan Balai Kandi Payakumbuh Barat, dengan cabang lomba lainnya memanfaatkan masjid dan sekolah terdekat,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Asisten I Dafrul Pasi menyerahkan SK Tuan Rumah Lomba MTQ ke XLI tingkat Kota Payakumbuh kepada Camat Payakumbuh Barat Ul Fakhri.

Pemko Payakumbuh berharap pelaksanaan MTQ kali ini berjalan meriah dan lebih baik dari sebelumnya, dengan sinergi dan dukungan dari semua pihak. (rel/fs)