Search

Pemko Payakumbuh Terus Tingkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi

 

Payakumbuh — Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan administrasi bagi masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh.

Bimtek yang digelar pada Selasa, (16/07/2024), ini dihadiri oleh seluruh kader Dukcapil se-Kota Payakumbuh dan bertempat di Ballroom Hotel Kolivera, Kelurahan Sicincin, Kecamatan Payakumbuh Timur.

Mengusung tema “Melalui Bimbingan Teknis Pencatatan Sipil, Kita Tingkatkan Kapasitas Aparatur Pelayanan dan Kader Dukcapil Kota Payakumbuh”, acara ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, yang diwakili olrh Sekretaris Daerah Rida Ananda.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Disdukcapil Provinsi Sumatra Barat Besri Rahman beserta rombongan, serta perwakilan dari Disdukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota.

Untuk memastikan kualitas materi yang disampaikan, Disdukcapil Payakumbuh menghadirkan narasumber dari Direktorat dan Pencatatan Capil Dirjen Dukcapil Kemendagri RI, Armansyah.

Dalam sambutannya, Rida Ananda menekankan pentingnya memberikan pelayanan dengan sepenuh hati kepada masyarakat.

“Sebagai pelayan masyarakat, kita harus melakukan dan memberikan pelayanan dengan sepenuh hati. Pelayanan yang kita berikan akan menjadi ladang amal ibadah dalam menjalankan tugas ini,” ungkap Rida Ananda.

Ia juga menekankan bahwa pelayanan publik harus dijalankan dengan prima sebagai wujud kewajiban aparatur pemerintah.

“Dengan hadirnya narasumber dari kementerian, kita berharap ilmu dan bimbingan yang diberikan dapat diterapkan dengan baik oleh para peserta. Harapannya, aparatur Pemerintah Kota Payakumbuh dapat bekerja dengan baik, memiliki komitmen kuat, dan menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rida Ananda juga mengajak seluruh kader untuk membantu masyarakat melengkapi berkas kependudukan dan administrasi yang belum lengkap, guna memastikan semua warga terdaftar di Disdukcapil Payakumbuh.

Kepala Disdukcapil Payakumbuh, Wal Asri, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kader Dukcapil di Sumatra Barat hanya ada di Kota Payakumbuh.

“Alhamdulillah, kader ini telah berperan aktif dalam membantu Disdukcapil mendata masyarakat Payakumbuh,” ujar Wal Asri.

Bimtek ini bertujuan untuk menciptakan aparatur penyelenggara pelayanan publik yang berkualitas, beretika tinggi, dan memiliki loyalitas kerja yang baik. Sasaran Bimtek ini adalah agar setiap aparatur penyelenggara pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan dapat melaksanakan tugas sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Acara Bimtek ini dimulai dengan pemasangan tanda peserta secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh kepada perwakilan peserta yang hadir. (rel/fs)